Apa Itu Ilmu? (Pengertian & Definisi Ilmu Menurut Ahli)

Kita hidup di dunia diberi akal dan pikiran, dengan itulah kita mendapatkan ilmu. Kita sekolah (bagi yang masih sekolah) untuk menuntut il...

Kita hidup di dunia diberi akal dan pikiran, dengan itulah kita mendapatkan ilmu. Kita sekolah (bagi yang masih sekolah) untuk menuntut ilmu. Berarti ilmu itu sangat penting dan harus ada di dalam diri kita.

Ilmu adalah usaha/upaya untuk menambah pengetahuan mengenai berbagai hal, bidang, aspek-aspek yang umum dan sistematis. Ilmu kita dapatkan dengan mempelajari, mencoba, berfikir, melakukan sesuatu. Ilmu juga memiliki banyak bidang seperti: ilmu agama, ilmu pengetahuan alam & sosial, ilmu kedokteran, dan lainnya

Menurut KBBI ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan)


Menurut Wikipedia menytakan bahwa ilmu  ialah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan suatu pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.

Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli
Moh. Hatta: Pengertian ilmu pengetahuan menurut Moh. Hatta bahwa ilmu pengetahuan adalah pengetahuan atau studi yang teratur tentang pekerjaan hokum umum, sebab akibat dalam suatu kelompok masalah yang sifatnya sama baik dilihat dari kedudukannya maupun hubungannya.

Dadang Ahmad S: Pengertian ilmu pengetahuan menurut Dadang Ahmad S, adalah suatu proses pembentukan pengetahuan yang terus menerus hingga dapat menjelaskan fenomena dan keberadaan alam itu sendiri. 
Mappadjantji Amien: Menurutnya, pengertian ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang berawal dari pengetahuan, bersumber dari wahyu, hati dan semesta yang memiliki paradigma, objek pengamatan, metode, dan media komunikasi membentuk sains baru dengan tujuan untuk memahami semesta untuk memanfaatkannya dan menemukan diri untuk menggali potensi fitrawi guna mengenal Allah.

Syahruddin Kasim: Menurut Syahruddin Kasim, bahwa pengertian ilmu pengetahuan adalah pancaran hasil metabolisme ragawi sebagai hidayah sang pencipta yang berasal dari proses interaksi fenomena fitrawimelalui dimensi hati, akal, nafsu yang rasional empirik dan hakiki dalam menjelaskan hasanah alam semesta demi untuk menyempurnakan tanggung jawab kekhalifaan.

Helmy A. Kotto: Pengertian ilmu pengetahuan menurut Helmy. A. Kotto bahwasanya ilmu pengetahuan adalah suatu proses pembentukan pengetahuan yang terus menerus sampai menjelaskan fenomena dan keberadaan alam itu sendiri.

Sondang Siagian: Menurut Sondang Siagian bahwa ilmu pengetahuan adalah suatu objek, ilmiah yang memiliki sekelompok prinsipol, dalil, rumus, yang melalui percobaan yang sistematis dilakukan berulang kali telah teruji kebenarannya, dalil-dalil, prinsip-prinsip dan rumus-rumus mana yang dapat diajarkan dan dipelajari.

Soerjono Soekanto: Pengertian ilmu pengetahuan menurut Soerjono Soekanto adalah pengetahuan yang tersusun sistematis dengan menggunakan kekuatan pemikiran, pengetahuan dimana selalu dapat diperiksa dan ditelaah (dikontrol) dengan kritis oleh setiap orang lain yang mengetahuinya.

Abu Bakar: Pengertian ilmu pengetahuan menurut Abu Bakar adalah suatu pendapat atau buah pikiran, yang memenuhi persyaratan dalam ilmu pengetahuan terhadap suatu bidang masalah tertentu.

Afanasyef: Menurut Afanasyef seorang pemikir Marxist dari Rusia yang mengungkapkan tentang ilmu ialah suatu pengetahuan manusia tentang alam, pikiran dan masyarakat. Beliau mencerminkan alam & berbagai konsep, kategori & hukum-hukum, yang mana ketetapan & kebenarannya diuji oleh suatu pengalaman praktis.

Izuddin Taufiq: Menurut Izuddin Taufiq menytaakan bahwa Ilmu ialah suatu penelusuran informasi atau data melalui suatu pengamatan, pengkajian & eksperimen, yang bertujuan untuk menetapkan suatu hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya.

Karl Pearson: Menurut Karl Pearson menyatakan bahwa Ilmu ialah suatu keterangan yang stabil & komprehensif tentang sebuah fakta dari pengalaman dengan istilah yang sederhana.

Ashely Montagu: Menurut Ashely Montagu menyatakan bahwa Ilmu adalah suatu pengetahuan dalam satu sistem yang berasal dari studi, pengamatan juga dalam percobaan untuk menentukan suatu dasar prinsip tentang suatu hal yang sedang dikaji.

John G. Kemeny: Menurut John G. Kemeny menytaakan bahwa Ilmu adalah segala pengetahuan yang dikumpulkan dengan menggunakan suatu metode ilmiah dan merupakan hasil dari suatu proses yang dibuat dengan menggunakan sebuah metode tersebut.

Thomas Kuhn: Menurut Thomas Kuhn menyatakan bahwa Ilmu adalah suatu himpunan kegiatan yang bisa menghasilkan banyak penemuan, baik dalam bentuk penolakan ataupun pengembangannya.

Poespoprodjo: Menurut Poespoprodjo menyatakan bahwa Ilmu ialah suatu proses perbaikan diri secara berkesinambungan yang terdiri dari perkembangan teori dan uji empiris.

Francis Bacon: Menurut Francis Bacon menyatakan bahwa Ilmu ialah satu-satunya pengetahuan yang sifanya valid & hanya faktalah yang bisa menjadi objek pengetahuannya.

The Liang Gie: Menurut The Liang Gie menyatakan bahwa Ilmu adalah suatu serangkaian aktivitas manusia yang bersifat rasional & kognitif dengan metode yang berupa sebuah prosedur & langkah-langkah yang sehingga menghasilkan kumpulan pengetahuan yang sistematis guna untuk mencapai suatu kebenaran & mendapatkan pemahaman serta penjelasan yang benar.

Dr. Maurice Bucaille: Menurut Dr. Maurice Bucaille menyatakan bahwa Ilmu ialah sebuah kunci dalam mengungkapkan segala hal dalam bentuk apapun, baik dalam jangka waktu yang lama ataupun singkat.

Harsojo: Menurut Harsojo menyatakan bahwa Ilmu ialah sekumpulan akumulasi pengetahuan yang disistematiskan.

Ralp Ross dan Ernest Van Den Haag: Menurut Ralp Ross dan Ernest Van Den Haag menyatakan bahwa Ilmu ialah sesuatu yang empiris, rasional (bisa diterima akal), umum & sistematik, dan dari keempat aspek tersebut terjadi secara serentak

Prof. Dr Syed Naquib Alattas: Menurut Prof. Dr Syed Naquib Alattas menyatakan bahwa Ilmu ialah suatu ketibaan makna dalam diri seseorang yang bisa menyebabkan perubahan berdasarkan ilmu yang dicapai atau didapatkan.

COMMENTS

Nama

Definisi,1,Pengertian,1,
ltr
item
Para Pencari Ilmu: Apa Itu Ilmu? (Pengertian & Definisi Ilmu Menurut Ahli)
Apa Itu Ilmu? (Pengertian & Definisi Ilmu Menurut Ahli)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgXAhnygxh08AtJf89ZlNCaTTdwEpJ5eBTFRIlTGUEA4bYOdK40mKKTvcfXWlXskEI0HEXtwVhzAXRpRjYBfw9qZJSxn3zh74FPLZ-Dz01H8fYCeCGOPRgHutC2OXz_Pd5V1VMJPpkejeNG/s640/PicsArt_04-03-10.01.35.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgXAhnygxh08AtJf89ZlNCaTTdwEpJ5eBTFRIlTGUEA4bYOdK40mKKTvcfXWlXskEI0HEXtwVhzAXRpRjYBfw9qZJSxn3zh74FPLZ-Dz01H8fYCeCGOPRgHutC2OXz_Pd5V1VMJPpkejeNG/s72-c/PicsArt_04-03-10.01.35.jpg
Para Pencari Ilmu
https://pp-ilmu.blogspot.com/2017/04/apa-itu-ilmu-pengertian-definisi.html
https://pp-ilmu.blogspot.com/
http://pp-ilmu.blogspot.com/
http://pp-ilmu.blogspot.com/2017/04/apa-itu-ilmu-pengertian-definisi.html
true
949698855767583270
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy